Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Rabu, 17 Februari 2010

Takut Mati


Saya berpikir dalam hati, dan bertanya-tanya tentang sebab banyak orang merasa takut mengingat kematian, maka terbersitlah pada benak saya bahwasanya hal itu bisa jadi disebabkan oleh banyak hal, di antaranya:
Mereka terpedaya pada kesehatan yang mereka nikmati dan keselamatan badan dari penyakit yang berbahaya, maka mereka pun menolak apa yang mengingatkan mereka pada akhir kehidupan dan kelemahan mereka.
Tidak pernah pergi ke kuburan, atau tempat-tempat yang dapat mengingatkan pada kematian, seperti rumah sakit atau panti jompo.
Karena mereka takut pada saat-saat menjelang kematian yang mengerikan.
Karena ingat kematian itu akan mengusik kenikmatan-kenikmatan yang tengah mereka rasakan, padahal mereka ingin kenikmatan yang tengah mereka rasakan, padahal mereka ingin kenikmatan mereka itu senantiasa abadi.
Banyak disibukkan oleh urusan dunia; tempat tinggal, pakaian, pernikahan, dan kendaraan. Semua ini membuat orang lekat dengan tanah (tergantung pada kehidupan dunia) dan menjauhkan dirinya dari kepedulian terhadap urusan-urusan akhirat.
Lupa bahwa kematian itu bisa menghampiri mereka pada saat kapan pun tanpa peringatan sebelumnya.
Lingkungan tempat tinggal mereka, sebab, lingkungan itu mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap perkembangan manusia.
Minimnya melihat para tokoh panutan yang banyak mengingatkan pada kematian.